Jumlah Push Up Yang Ideal

Jumlah Push Up Yang Ideal

Berita Terbaru Bagi kamu yang sedang berusaha mengurangi berat badan dan mengencangkan otot tubuh, push up menjadi salah satu gerakan yang selalu dianjurkan. Baik untuk pemula sampai yang sudah tingkat dewa, latihan klasik yang satu ini selalu ada dalam daftar workout yang harus dilakukan. Bukan tanpa alasan push up jadi sepopuler dan ‘sewajib’ ini. Salah satu alasannya adalah gerakan ini dapat dilakukan di mana saja dan kapan saja tanpa memerlukan bantuan alat. Selain itu, otot-otot yang bekerja pun tak hanya pada tangan, tetapi juga dada, bahu, dan perut. Berikut ulasannya yang dirangkum Hostcoremedia dari berbagai sumber yaitu :

Jumlah Push Up Yang Ideal

Tak semudah yang terlihat
Kendati tampak sederhana, nyatanya push up memberi tantangan tersendiri. Menurut Dani Singer, personal trainer bersertifikat dan fitness director Fit2Go Personal Training, menguasai gerakan bagian atas tubuh yang satu ini sebenarnya cukup sulit dan advanced. Karena sulitnya gerakan sempurna latihan ini pun, tentu hasil yang diharapkan tak akan kunjung datang.

Harus dalam posisi sempurna
Posisi push up yang benar adalah sebagai berikut. Ambil posisi lurus dan kuat seperti saat sedang melakukan plank pose dan tahan tubuh agar tidak turun atau bahkan jatuh ke lantai. Bila kamu berhasil melakukan 20 repetisi dalam satu kali percobaan sekalipun, tetapi postur bahu membungkuk dan punggung melengkung, artinya kamu tak melakukannya dengan benar. Selain tak akan mendapat hasil yang diharapkan, gerakan tersebut justru menempatkan pada risiko cedera.

Coba dengan sepuluh repetisi
Singer menyarankan untuk melakukan sebanyak sepuluh repetisi dalam satu kali percobaan, tetapi sesuai dengan tingkat tiap individu. Pemula dapat membuat target untuk menyelesaikan sepuluh kali incline push up. Bagi yang sudah mencapai tingkat intermediate, cobalah lakukan sebanyak sepuluh kali push up biasa. Sementara itu, tingkat advanced bisa meningkatkan kemampuannya dengan melakukan sepuluh push up dengan lebih perlahan dan melakukan pause gerakan di setiap repetisi.

Hindari menggunakan lutut
Kebanyakan pemula cenderung melakukan push up dengan bantuan lutut yang menempel di lantai. Namun, Singer menyarankan untuk tidak mengikuti gerakan tersebut. Pasalnya, hal itu akan mengubah mekanisme push up secara keseluruhan sebab tidak menggunakan bagian inti tubuh yang berada di sekitar abdomen dan justru membahayakan punggung dan bahu.

Incline push up menjadi alternatifnya
Sebagai gantinya, Singer merekomendasikan pemula untuk melakukan incline push up saja. Caranya adalah dengan berdiri seperti biasa, lalu gunakan tembok atau penopang lain seperti kursi atau meja untuk menempatkan tangan. Bila sepuluh terlalu banyak, lima repetisi pun tak masalah. Lakukan dengan perlahan, fokuskan pada posisi tubuh.

Lakukan peningkatan
Untuk selanjutnya, tingkatkan menjadi enam repetisi. Setelah berhasil menyelesaikan 10 repetisi sebanyak 3 set, cari permukaan yang lebih rendah. Targetkan untuk dapat menyelesaikannya sebanyak 10 repetisi dan 3 set untuk kemudian sampai bisa melakukan push up reguler pada lantai. Bahkan jika sanggup menyelesaikan push up reguler sebanyak 5 repetisi sekalipun, kamu dapat merasakan sensasi kekuatan yang berbeda pada lengan dan tubuh.

Latihan fisik saja tidak cukup
Pada dasarnya push up akan membantumu dalam meningkatkan kekuatan tubuh. Namun, bila target yang ditetapkan adalah untuk membuat bentuk tubuh lebih bagus, maka nutrisi juga jadi asupan yang penting. Imbangi latihanmu dengan nutrisi yang sehat dan tepat dengan jumlah yang sesuai.

Jadi, ingat ya, dapat melakukan banyak push up dalam satu sesi tidak menjamin bahwa kamu melakukannya dengan benar. Kalau dari awal saja sudah salah, masa berharap hasilnya akan kelihatan apalagi dalam waktu cepat?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *