Mengenal Penyakit Seliaka

Mengenal Penyakit Seliaka

Berita Terbaru Konsumsi roti, mie atau pasta ialah hal yang biasa buat beberapa orang. Tetapi, ada tipe orang yang tidak dapat konsumsi makanan itu! Mereka menanggung derita penyakit seliaka, kelainan dimana mengonsumsi gluten dapat menyebabkan tanggapan imun badan dan mengakibatkan peradangan serta kehancuran pada usus kecil. Lalu, apa tanda-tanda penyakit seliaka serta bagaimana ciri-cirinya? Temukan jawabannya berikut ini!

Mengenal Penyakit Seliaka

Alami perut kembung
Orang yang mempunyai masalah seliaka seringkali alami perut kembung. Berdasar riset yang diterbitkan di situs Health Line, 73 % memberikan laporan dianya alami kembung sebelum didiagnosa dengan masalah seliaka. Riset ini menyertakan 1.032 orang dewasa yang mempunyai masalah ini. Ini sebab penyakit seliaka mengakibatkan peradangan pada aliran pencernaan serta dapat berbuntut pada kembung. Kembung ini akan hilang saat pasien masalah seliaka tidak konsumsi makanan yang memiliki kandungan gluten. Tetapi, jangan mendiagnosa diri kita serta pergilah ke dokter terlebih dulu, ya!

Terdapatnya kelebihan gas pada tubuh
Kelebihan gas adalah permasalahan yang umum dihadapi oleh pasien masalah seliaka. Seputar 9,4 % masalah kelebihan gas serta kembung berlangsung pada pemilik masalah seliaka. Riset ini dilakukan pada 96 orang dewasa di India sisi utara. Kelebihan gas ini akan makin kronis bila masalah seliaka tidak diobati, papar situs Health Line. Tetapi, butuh digarisbawahi jika tidak semua kelebihan gas terkait dengan penyakit seliaka. Dalam studi yang menyertakan 150 orang dengan aduan penambahan gas, cuma dua orang saja yang positif menderita masalah seliaka. Pemicu kelebihan gas lain ialah sembelit, masalah pencernaan, intoleransi laktosa serta sindrom iritasi usus besar.

Diare
Buang air besar yang ada dalam wujud cair salah satu tanda-tanda masalah seliaka. Seputar 79 % pemilik masalah seliaka dilaporkan alami diare sebelum penyakit ini dideteksi. Sesudah perawatan dikerjakan, cuma 17 % pasien masalah seliaka yang terus alami diare akut, papar situs Health Line. Studi lain yang menyertakan 215 orang mengatakan jika diare adalah tanda-tanda yang seringkali tidak diobati. Diare dapat berhenti dalam beberapa waktu sesudah jalani perawatan, tetapi ada yang baru berhenti sesudah 4 minggu penyembuhan. Butuh diingat, diare dikarenakan oleh infeksi, intoleransi makanan lain atau permasalahan usus.

Merasakan kelelahan
Merasakan lelah serta tidak tambah energi setiap waktu? Waspadai, sebab mungkin saja itu merupakan tanda masalah seliaka! Studi tunjukkan jika 51 % pasien masalah seliaka yang tidak diobati akan merasakan lebih capek dibandingkan pasien yang jalani diet bebas gluten. Jadi, jangan sangsi untuk memperiksakan-diri serta berobat! Pasien masalah seliaka cenderung mempunyai masalah tidur serta berkorelasi dengan kecapekan fisik. Diluar itu, masalah seliaka yang tidak diobati mengakibatkan kehancuran usus kecil. Lalu, ini menyebabkan terdapatnya kekurangan mineral dan vitamin yang mengakibatkan kecapekan berlebihan, jelas situs Health Line.

Berat tubuh turun drastis
Penurunan berat tubuh dapat membuat kita merasakan bahagia. Tetapi nyatanya penurunan berat tubuh yang mencolok ialah tanda-tanda awal masalah seliaka, lho! Ini sebab potensi badan untuk menyerap nutrisi terusik. Ini dapat mengakibatkan kekurangan gizi serta penurunan berat tubuh, jelas situs Health Line. Studi yang menyertakan 112 peserta dengan masalah seliaka, 23 % pasien akui mereka mengalami penurunan berat tubuh. Setelah perawatan, pasien akan alami kenaikan berat tubuh rata-rata 7,75 kg. Studi lain tunjukkan jika diet bebas gluten dapat kembalikan berat tubuh pada 42 beberapa anak dengan masalah seliaka.

Alami sembelit
Masalah seliaka bukan sekedar mengakibatkan diare, dan juga sembelit! Penyakit ini dapat mengakibatkan kerusakan vili usus, sisi kecil di usus yang bertanggungjawab untuk menyerap nutrisi. Waktu makanan berjalan dalam aliran pencernaan, vili usus tidak bisa seutuhnya menyerap nutrisi serta malah akan menyerap kelembaban dari feses. Mengakibatkan, feses jadi mengeras serta susah untuk dikeluarkan. Walau demikian, diet bebas gluten tidak dapat seutuhnya selamatkan pasien masalah seliaka dari sembelit. Ini sebab diet bebas gluten memangkas makanan memiliki serat tinggi pada makanan yang dikonsumsi seharian. Akhirnya, konsumsi serat menurun serta ada sembelit.

Alami kekurangan zat besi
Terakhir, tanda-tanda yang dapat diwaspadai ialah mengalami kekurangan zat besi. Masalah seliaka dapat mengganggu penyerapan nutrisi serta mengakibatkan anemia atau kekurangan zat besi. Ini adalah keadaan dimana sel darah merah menyusut dari badan. Tanda-tanda yang ikuti ialah kelelahan, ngilu dada, sakit kepala serta pusing. Studi yang menyertakan 34 beberapa anak dengan masalah seliaka temukan jika 15 % salah satunya mengalami anemia defisiensi zat besi dalam rasio mudah sampai sedang. Studi lain pada 727 pasien seliaka melaporkan jika 23 % salah satunya alami anemia, jelas situs Health Line.

Nah, itu gejala yang disebut pertanda gangguan seliaka. Tetapi, jangan lakukan self-diagnose, ya! Lebih baik kontrol diri ke dokter!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *