Ada Spesies Lintah Baru Yang Baik Untuk Kesehatan?

Ada Spesies Lintah Baru Yang Baik Untuk Kesehatan?

Berita Terbaru Di lahan basah sisi selatan Maryland, Amerika Serikat, sekumpulan ilmuwan temukan spesies lintah baru. Menurut hasil riset mereka yang sudah diterbitkan dalam Journal of Parasitology, mereka yakini lintah ini dapat berguna sebab dapat dijadikan jadi obat.


“Kami temukan spesies baru lintah penyembuhan di tempat kurang dari 80 km. dari National Museum of Alami History, satu diantara perpustakaan keanekaragaman resapi paling besar di dunia.

Penemuan semacam ini menegaskan sebegitu banyak keanekaragaman yang masih ada untuk ditemukan serta didokumentasikan, bahkan juga pas ‘di bawah hidung’ beberapa ilmuwan,” tutur Anna Phillips, pemimpin riset dari Smithsonian Museum of Alami History, seperti dikutip Newsweek.

Ada Spesies Lintah Baru Yang Baik Untuk Kesehatan?

Lintah adalah cacing parasit yang mengonsumsi darah hewan lain. Lintah yang bermanfaat untuk penyembuhan adalah yang tertarik pada darah manusia. Hewan-hewan seperti ini sudah dipakai semenjak jaman kuno oleh beberapa dokter karena kekuatannya dalam menyembuhkan beberapa penyakit. Bahkan juga, lintah masih dipakai dalam penyembuhan modern, khususnya dalam kondisi saat bagian tubuh seperti jari “dipasang” kembali sesudah terpotong.


“Lintah obat ialah arti umum untuk beberapa lintah yang bisa dengan mudah menyedot darah pada manusia serta bisa dimanfaatkan untuk tujuan penyembuhan,” papar Phillips. “Ada pula beberapa spesies yang dipandang seperti ‘obat’, terhitung Hirudo medicinalis, lintah obat Eropa, spesies Macrobdella, serta lintah obat Amerika Utara.”

Phillips temukan spesies baru itu sepanjang ekspedisinya pada tahun 2015, saat ia sedang kumpulkan beberapa lintah hijau zaitun dengan keunikan bintik-bintik oranye di tempat basah dekat Sungai Potomac, Maryland. Tempat itu memiliki jarak kurang dari 80 km. dari pusat kota Washington, Amerika Serikat.

Awalnya, Phillips berpikir jika makhluk-makhluk ini sebagai wakil spesies yang telah diketahui, seperti Macrobdella decora yang mudah diketemukan di Amerika Utara. Tetapi, analisa DNA serta pemeriksaan fisik yang lebih detil mengutarakan jika hewan yang ia dapatkan ini adalah spesies baru yang disebut Macrobdella mimicus. Keunikan hewan ini ialah pori-pori reproduksinya ada dibagian bawah tubuh, tempat yang dikit berbeda dengan M. decora.

“Dengan sekilas, spesies ini kelihatan seperti dengan spesies yang lebih umum yang menyebar luas serta terkenal, yakni Macrobdella decora,” jelas Phillips. “Kedua spesies mempunyai jumlah pori aksesories yang sama yang mengeluarkan lendir selama persetubuhan, tapi spesies baru ini mempunyai jumlah annuli atau cincin eksternal pada tubuh yang berbeda yang terdapat antara gonopori atau lubang reproduksi serta pori-pori aksesori.”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *