Makanan Yang Dianjurkan Setelah Donor Darah

Makanan Yang Dianjurkan Setelah Donor Darah

Berita Terbaru Pernahkah kamu melakukan donor darah? Jika pernah, mungkin kamu akan merasa lemas hingga pusing berkunang-kunang. Ya, itu karena kamu kehilangan beberapa mililiter darah.Untuk menggantikan darah yang hilang, tubuh otomatis akan membentuk sel-sel darah merah baru. Untuk membentuk sel-sel darah merah itu tubuh membutuhkan banyak nutrisi dari makanan atau minuman.

Namun, tak sembarangan makanan bisa kamu santap setelah melakukan donor darah. Usahakanlah untuk memakan beberapa asupan yang berguna membantu pembentukan sel-sel darah merah baru. Makanan apa saja yang baik dikonsumsi setelah donor darah? Berikut Hostcoremedia rangkum untuk kamu :

Makanan Yang Dianjurkan Setelah Donor Darah

Bayam
Pertama adalah bayam. Sayuran yang memiliki nama ilmiah Amaranthus ini kaya akan zat besi; yang berguna membawa oksigen ke seluruh jaringan tubuh.Tanpa adanya zat besi, tubuh gagal dalam menghasilkan atau mempertahankan sel darah merah yang sehat. Karena itulah, sayuran ini baik dikonsumsi setelah melakukan donor darah.Selain bayam, kamu juga bisa mengonsumsi makanan tinggi zat besi lain; seperti ikan, daging merah, unggas, kismis, hingga kacang-kacangan.

Hati
Selain bayam, makanan selanjutnya yang baik dikonsumsi setelah donor darah adalah hati. Ini karena, hati mengandung asam folat yang bisa menggantikan sel-sel darah yang hilang saat donor darah.Kabarnya, hati memiliki konsentrasi folat dan vitamin B12 yang sangat tinggi. Kandungan folat dalam hati juga bisa membantu membuat sel-sel darah baru.Selain hati, kamu juga bisa mengonsumsi kacang kering, asparagus, kangkung, hingga sawi dengan kandungan tinggi folat.

Telur
Telur adalah salah satu makanan yang kaya akan riboflavin. Riboflavin atau yang dikenal sebagai vitamin B2 adalah salah satu komponen penting untuk menghasilkan sel darah merah.Selain itu, riboflavin juga bisa membantu tubuh mengubah karbohidrat menjadi energi. Dengan demikian, kamu tidak akan merasa lemas setelah melakukan donor darah. Makanya enggak heran, kalau orang yang usai donor darah biasanya diberi telur rebus.

Pisang
Siapa sangka, buah kuning cerah ini juga baik dikonsumsi setelah melakukan donor darah. Ini karena, pisang mengandung vitamin B6 yang bisa menghasilkan sel-sel darah sehat dan membantu memecah protein.Selain pisang, makanan-makanan yang mengandung vitamin B6 lain yang bisa kamu konsumsi; ada biji-bijian, kacang-kacangan, telur, daging merah, hingga bayam.

Jeruk
Selain kaya akan vitamin C, jeruk juga menjadi sumber zat besi yang baik dikonsumsi setelah donor darah. Karena kedua kandungan itu, jeruk bisa membantu menghilangkan rasa pusing usai donor darah.Selain itu, jeruk juga bermanfaat dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh, menjaga fungsi hati, dan menyembuhkan rasa sakit.Kamu bisa mengonsumsi dua gelas jeruk setelah donor darah. Ini bertujuan agar tubuh kamu tetap terhidrasi dengan baik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *