Penemuan Baru, Karbon Dioksida Jadi Bahan Bakar

Berita Terbaru Periset dari Rice University, Texas sukses merubah gas rumah kaca jadi bahan bakar cair. Dengan melakukan ini, mereka memberi bukti jika ada harapan buat manusia untuk memperoleh bahan bakar baru yang ramah lingkungan dan irit biaya.Gas rumah kaca yang disebut ialah gas karbon dioksida, emisi yang berasal dari manusia, industri, kendaraan, dan lain-lain. Gas ini bisa menyerap panas matahari serta mengakibatkan pemanasan global.Lantas bagaimana periset dapat mengubah jadi bahan bakar? Apa efeknya buat kehidupan? Berikut penjelasannya :

Periset menemukan reaktor elektrokatalis yang bermanfaat untuk mendaur ulang karbon dioksida
Team periset meningkatkan reaktor elektrokatalis yang dapat mendaur ulang karbon dioksida untuk selanjutnya jadi asam format. Ini ialah zat yang diketahui mahal serta memerlukan banyak energi untuk menghasilkannya. Umumnya asam format dipakai jadi bahan baku untuk zat kimia lain.

Proses merubah karbon dioksida jadi asam format
Proses yang berlangsung nyatanya tidak sederhana. Pertama, periset mempersiapkan lempengan katalis bismut (komponen kimia yang tahan listrik) serta elektrolit padat. Kedua-duanya dibutuhkan untuk mereduksi karbon dioksida serta memantapkan proses alterasi. Elektrolit akan membuahkan ion negatif sedang bismut teroksidasi dalam proses itu. Sesudah proses sepanjang 100 jam, asam format juga sukses didapat. Periset pun tidak lihat terdapatnya pertanda kemunduran pada reaktor. Ini berarti mereka dapat meningkatkan produksi ke rasio yang lebih besar.

Reaktor elektrokatalis masih butuh dikembangkan supaya sempurna
Dikutip dari Science Daily, proses pengujian sukses sampai efisiensi alterasi seputar 42 %. Ini berarti jika hampir setengah daya listrik bisa disimpan berbentuk asam format jadi bahan bakar cair.Tetapi sampai proses paling akhir, konsentrasi asam format yang dibuat baru sebesar 30 %. Beberapa periset berharap mereka dapat sampai tingkat yang lebih tinggi dari reaktor generasi selanjutnya sehingga akan memperoleh asam format murni.

Tujuan besar yang ingin diraih periset dengan penemuan ini
Wang menjelaskan jika mereka ingin membuat gas rumah kaca, karbon dioksida jadi sesuatu yang bernilai. Tidak cuma jadi pemicu pemanasan global.Ke depannya, tim periset berupaya untuk menghasilkan energi yang semakin besar dari asam format, yakni ethanol serta propanol dengan membuat reaktor yang lebih canggih. Meskipun ada banyak pekerjaan yang perlu disempurnakan, ide ini dapat memainkan peranan yang besar untuk memerangi efek dari pemanasan global.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *