Kapan Waktu Yang Tepat Untuk Minum Susu?

Kapan Waktu Yang Tepat Untuk Minum Susu?

Berita Terbaru Beberapa orang tua memilih memberi susu jadi satu diantara langkah memenuhi keperluan nutrisi anak. Kandungan pada susu seperti kalsium, fosfor, protein, vitamin B2 serta vitamin A, memang dapat membantu tumbuh kembang anak.


Untuk memperoleh manfaat baik itu, beberapa orangtua yakin jika pagi hari ialah waktu yang paling pas untuk memberi susu pada anak. Walau demikian, beberapa orangtua lain yakin, jika malam hari ialah waktu paling baik. Lalu, mana yang benar, ya?


American Academy of Pediatrics (AAP) menyebutkan rutinitas anak minum susu pada pagi hari memang bisa membantu melancarkan aktivitas saraf serta otak si kecil. Ini berguna buat anak untuk lebih gampang menyerap semua informasi yang berada di sekelilingnya serta membantu perubahan belajarnya.

Kapan Waktu Yang Tepat Untuk Minum Susu?


Tetapi, bila Anda ingin memberi susu pada anak pada malam hari sebetulnya pun tidak permasalahan. Waktu tidur, anak melepas hormon perkembangan bertambah cepat, hingga kalsium dari susu bisa berperan optimal, contohnya saja dalam memperkuat tulang anak.


Minum susu pada malam hari dapat juga membuat tidur anak lebih pulas. Hal tersebut sebab, susu–terlebih bila hangat, dapat mengurangi otot-otot, hingga membuat anak lebih santai serta dapat tidur nyenyak.


Walau demikian, ada banyak hal yang butuh Anda lihat waktu memberi susu pada anak pada malam hari. Dikutip Livestrong, Sebaiknya anda tidak memberi susu dengan dosisi berlebihan sebelum anak tidur malam.


Contohnya saja, bila beberapa saat sebelum tidur, anak baru usai makan malam, karena itu Anda tidak butuh memberikannya susu. Memberi konsumsi nutrisi berlebihan pada malam hari malah dapat menyebabkan masalah tidur pada anak.


Dari keterangan di atas, selama tidak terlalu berlebih, memberi susu pada anak pada pagi atau malam hari sebetulnya saling miliki manfaat baik buatnya. Tetapi, Anda harus ingat, susu semestinya tidak diberi mendekati waktu makan anak. Kandungan protein serta lemak dalam susu dapat membuat anak merasakan kenyang hingga dapat membuat si kecil malas habiskan makanan intinya.


Ingat jika sebetulnya susu tidak harus dikonsumsi oleh anak tiap hari. Karena, susu cuma bertindak sebagai pelengkap nutrisi anak. Susu bukan minuman super yang dapat memenuhi semua zat gizi yang dibutuhkan si kecil.


Yang sangat penting sebetulnya ialah Anda tetap memenuhi keperluan nutrisi anak melalui makanan bergizi imbang setiap harinya. Jika tidak diimbangi dengan pemberian makanan bergizi imbang serta cuma memberi susu saja, maka anak dapat juga alami kekurangan gizi.


Oleh karenanya, jangan berlebihan memberi susu pada anak. Batasi bagian susu yang direferensikan sesuai dengan umur anak serta yakinkan si kecil mendapatkan asupan makanan yang sehat serta bergizi imbang tiap hari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *