Sering Muntah Ketika Sikat Gigi, Apa yang Menjadi Pemicunya?

Sering Muntah Ketika Sikat Gigi, Apa yang Menjadi Pemicunya?

Berita Terbaru Sebagian orang sering alami mual, tersedak, bahkan juga muntah waktu sikat gigi. Merilis New York Times, hal ini sering dihadapi oleh pembaca bernama Jude. Dia kuatir karena selalu ingin muntah setiap saat menyikat gigi di pagi hari. Jude ketakutan jika ini ada hubungannya dengan permasalahan lain dalam mulut atau tenggorokannya.Menyikapi kecemasan Jude, spesialis penyakit dalam di Rumah Sakit Ruhengeri Dr Rachna Pande menguraikan beberapa pemicu mengapa banyak orang yang muntah waktu menggosok gigi.

Sering Muntah Ketika Sikat Gigi, Apa yang Menjadi Pemicunya?

Sensitif
Menurut Pande, sebagian orang mempunyai tenggorokan yang sensitif hingga benda yang masuk ke tenggorokan bisa membuat orang itu lebih gampang tersedak bahkan juga alami sensasi muntah. Termasuk pasta gigi yang sudah bercampur air serta tidak sengaja mengalir ke tenggorokan. Tidak ada langkah khusus untuk mengatasi tenggorokan sensitif, Anda perlu lebih perlahan waktu menggosok gigi.

Iritasi
Begitu kuat menyikat gigi bisa mengakibatkan sikat gigi masuk serta mengiritasi tenggorokan. Tidak hanya menyikat dengan perlahan, efek iritasi karena sikat gigi dapat dikurangi dengan cara memilih sikat gig yang cocok di mulut, baik ukuran atau kelembutan bulu sikat.

Minuman
Beberapa minuman bisa membuat sensasi mual, yang mungkin berefek pada timbulnya rasa ingin muntah waktu sikat gigi. Minuman itu adalah kopi serta teh, yang keduanya sering dikonsumsi pada pagi hari.

Obat
Tidak hanya minuman, mengonsumsi beberapa obat dapat menyebabkan rasa mual seperti seperti NSAID atau dispepsia.

Psikologis
Jika sensasi mulai tidak hilang, bisa saja sebabnya ialah unsur psikologis. Waktu busa pasta gigi mulai penuhi mulut, waktu itu juga perasaan ingin muntah waktu sikat gigi ada, walau sebenarnya tidak ada pemicu spesial. Unsur psikologis membuat orang sering batuk-batuk di akhir sesi menggosok gigi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *