Produktivitas Bekerja Tercipta Bila Bekerja 4 Hari Dalam Sepekan?

Produktivitas Bekerja Tercipta Bila Bekerja 4 Hari Dalam Sepekan?

Berita Terbaru Perusahaan teknologi Microsoft mengetes semangat kerja beberapa karyawannya. Dalam tes yang dikerjakan di kantor Microsoft di Jepang, perusahaan menetapkan pengurangan jam kerja, dari lima jadi empat hari dalam satu minggu.Hasil uji coba ini lumayan menarik. Kerja empat hari satu minggu nyatanya bukan sekedar membuat karyawan Microsoft lebih bahagia, dan juga tingkatkan produktivitas dengan relevan sebesar 40 %.

Diluar itu, pegawai Microsoft jadi lebih sedikit ambil cuti sepanjang uji coba serta pemakaian listrik turun 23 % di kantor dengan penambahan hari libur per minggu. Selanjutnya, ada penurunan pemakaian kertas untuk cetak sebesar 59 % selama saat pengujian, hingga lebih ramah lingkungan.Eksperimen jam kerja ini dikerjakan Microsoft Jepang pada Agustus 2019 kemarin. Project yang diberi nama Work-Life Choice Challenge Summer 2019 ini, menyertakan semua karyawan yang sejumlah 2.300 orang. Sejumlah besar karyawan, yaitu 92 %, akui suka pada hari kerja yang lebih sedikit sepanjang satu minggu.

Produktivitas Bekerja Tercipta Bila Bekerja 4 Hari Dalam Sepekan?

“Bekerja dalam waktu singkat, istirahatlah dengan baik serta belajar banyak. Saya ingin karyawan pikirkan serta alami bagaimana mereka bisa sampai hasil yang sama juga dengan 20 % lebih sedikit waktu kerja,” kata Presiden serta CEO Microsoft Jepang, Takuya Hirano, dalam pengakuan sah di situs resmi perusahaan.Sebagai sisi dari program, Microsoft sudah berencana untuk menyubsidi liburan keluarga untuk beberapa karyawan sampai 100.000 Yen Jepang atau Rp 12,8 juta.

Microsoft mengatakan apa yang dilakukan di kantor mereka di Jepang sesuatu project percontohan. Perusahaan mengatakan belumlah ada ketetapan selanjutnya masalah peluang kebijaksanaan ini akan diaplikasikan permanen atau dicoba di kantor Microsoft di negara lain.

“Dalam semangat sudut pandang perkembangan, kami tetap mencari langkah baru untuk bereksperimen serta manfaatkan teknologi kami untuk meningkatkan pengalaman buat karyawan kami di penjuru dunia,” kata jubir Microsoft dalam pengakuannya.

Uji coba serupa yang diterbitkan Harvard Business Ulasan tunjukkan, jam kerja yang lebih pendek, dari 8 jam kerja jadi 6 jam kerja, dapat tingkatkan produktivitas. Sementara survei yang dikerjakan organisasi The Workforce Insitute at Kronons pada 3.000 karyawan pada 2018 lalu menunjukkan, lebih dari setengahnya akui dapat mengakhiri tugas hariannya dalam lima jam kerja per hari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *