Alasan Batam Menjual Handphone Dengan Harga Yang Sangat Murah

Alasan Batam Menjual Handphone Dengan Harga Yang Sangat Murah

Berita Terbaru Waktu mencari smartphone dengan online di aplikasi marketplace, kamu barangkali sempat menemukan hp yang harga miring banget disana. Umumnya beberapa barang itu hadir dari Batam. Ponsel-ponsel yang di jual di Batam memang populer murah, jauh dibawah harga pasar. Ingin tahu kenapa smartphone asal Batam dapat semurah itu? Berikut penuturannya dikutip dari beberapa sumber!

Alasan Batam Menjual Handphone Dengan Harga Yang Sangat Murah

Batam terhitung dalam lokasi perdagangan bebas
Buat yang belum mengetahui, di Indonesia, Batam masuk ke free-trade zone alias lokasi perdagangan bebas. Area istimewa ini adalah area pergudangan untuk pengeksporan selanjutnya. Ibaratnya seperti perjalanan pesawat dari Jakarta menuju Amerika, butuh transit terlebih dulu di suatu bandara. Batam ialah bandara transit barang-barang perdagangan itu.

Barang yang masuk lokasi perdagangan bebas tidak dikenai pajak
Dengan masuknya lokasi perdagangan bebas itu, barang juga tidak dikenai pajak benar-benar. Itu semua mempunyai tujuan untuk melancarkan jalur perdagangan sekaligus juga jaga harga barang untuk masih konstan. Akhirnya, harga barang juga dapat tambah lebih murah. Contoh gampangnya bila barangmu seharga Rp10 juta dengan PPN 10 %, maka barang dari Batam dapat menjadi Rp9 juta. Di Batam, pajak yang terhindar ialah PPN, PPN BM dan bea cukai.

Barang non-pajak jadi ilegal bila di jual ke negeri
Perlu diketahui saja, barang yang tidak terserang pajak jadikan barang ini ilegal di jual dalam negeri. Bila memang itu ialah barang sah yang telah memperoleh kesepakatan pemerintah dan perusahaan, karena itu barang itu pasti terserang PPN, PPN BM serta bea cukai. Bila tidak, karena itu telah diyakinkan barang itu masuk dalam perdagangan ilegal alias black market (BM).

Kemarakan BM di dukung dengan perusahaan handphone yang buka pabrik perakitan disana
Fakta lain yang dapat membuat harga barang disana murah ialah umumnya pabrik perakitan smartphone ada disana. Misalnya ialah Xiaomi. Xiaomi buka perakitan produknya di Batam apabila menggunakan alasan biaya di luar produksi, jenis biaya kirim, jelas saja barang di Batam akan tambah lebih murah. Akan tetapi bila dipikir dengan rasional, harga juga tentu tidak turun jauh-jauh sangat dari harga pasar mengingat perusahaan juga butuh adil serta jaga kredibilitasnya dalam jual barang

Barang BM tidak memperoleh garansi resmi
Ada beberapa hal tidak memberikan keuntungan dari membeli sebuah barang BM. Yang tentu ialah kamu tidak memperoleh garansi sah. Contoh masalah bila mendadak hp-mu rusak, karena itu kamu tidak dapat hadir ke konter resmi untuk melakukan perbaikan serta mengklaim garansi itu. Pilihanmu hanya kembalikan ponsel itu ke penjual dan berharap diganti atau menuju tukang service pinggir jalan.

Tanyakan dengan detil sebelum membeli barang dari Batam
Bila kamu betul-betul ingin menghindari barang BM, tanyakanlah dengan detil tentang kepastian barang serta gunakan pertimbangan rasional. Itu wajar kok, tenang saja.

-Tanyakan garansi apa: resmi atau distributor?
-Jika resmi, garansi mana itu: internasional atau nasional?
-Bagaimana cara klaim garansi itu?
-Kondisi apa sajakah supaya garansi itu berlaku?

Dengan harga, asumsinya bila itu barang sah, harusnya harga tidak berbeda jauh. Dianjurkan untuk mencatat dan menyimpan pembicaraan bila setiap saat kamu komplain.

Borong barang Batam dengan offline dapat terkena masalah penyelundupan
Ada ketentuan spesial bila beli smartphone langsung di Batam: kamu cuma dibolehkan untuk beli lima ponsel saja. Dua ponsel dibawa serta tiga yang lain dimasukkan ke bagasi.Lebih dari jumlahnya itu, kamu butuh bayar bea cukai serta pajak yang lain. Menampik bayar akan membuat kamu terserang masalah penyelundupan.

Itu ia beberapa alasan kenapa beberapa barang elektronik dari Batam, khususnya smartphone, dapat diperoleh pada harga yang lebih murah. Tentu saja, kamu harus tetap waspada terkait legalitas hp yang kamu beli, lebih di Batam marak barang rekondisi dan palsu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *