Apa Saja Yang Perlu Diperhatikan Saat Mendirikan Tenda?

Apa Saja Yang Perlu Diperhatikan Saat Mendirikan Tenda?

Berita Terbaru Membangun tenda menjadi salah satunya sisi penting waktu kamu memutuskan akan hiking atau camping. Nah, buat kamu yang termasuk newbie dalam soal mendirikan tenda, ada banyak tips penting nih yang harus kamu lihat. Baca baik-baik ya guys agar kamu dapat terus tidur serta istirahat dengan aman dan nyaman selama ada di tenda.

Apa Saja Yang Perlu Diperhatikan Saat Mendirikan Tenda?

Memilih tipe tenda
Awalnya, kamu perlu sekali memerhatikan tipe tenda yang akan kamu bawa serta hiking atau camping. Yakinkan kamu memilih tenda portable, gampang dipasang serta dirombak, dan mempunyai keseluruhan massa yang tidak begitu berat (tenda ultralight).

Menentukan lahan untuk mendirikan tenda
Waktu datang di camping ground atau camp site, carilah tempat datar untuk membangun tenda kamu. Jika mujur, kamu dapat mencari tempat beralas rumput. Hindari tempat di tanah yang miring serta gampang longsor.

Bila sangat mungkin, kamu dapat juga mencari tempat dibawah pepohonan membuat perlindungan kamu dari sengatan cahaya matahari, hembusan angin, derasnya hujan, serta petir.

Memanfaatkan flysheet untuk bikin dapur
Memilih tempat dibawah pohon-pohon akan menolong kamu waktu akan memanfaatkan flysheet untuk membangun dapur. Kamu dapat mengikatkan ujung-ujung flysheet pada tangkai pohon hingga tercipta ruang buat kamu memasak dan menempatkan beberapa benda lain.

Perhatikan arah datangnya angin
Saat tempat untuk membangun tenda telah dipastikan, jangan sampai lupa untuk memerhatikan arah datangnya angin sebelum kamu membuat tendamu. Pastikan pintu tenda kamu tidak berjumpa dengan arah datangnya angin supaya angin tidak gampang masuk ke tenda.

Menempatkan pasak tenda secara benar
Pastikan kamu sudah menempatkan semua pasak di sekitar tenda dengan benar dan baik agar waktu mendadak berlangsung angin kencang, tenda kamu akan masih aman.

Yang penting dilihat ialah saat kamu menarik atau menempatkan pasak pada flysheet/susunan luar tenda kamu. Pastikan flysheet tidak melekat dengan susunan dalam tenda. Ini sebagai usaha supaya susunan dalam tenda kamu tidak lembap waktu malam hari atau waktu berlangsung hujan.

Membuat parit di sekitar tenda
Jika lahan tempat kamu membangun tenda beralas rumput, mungkin aman bila kamu tidak membuat parit kecil di sekitar tenda sebab rumput bisa menolong menyerap air waktu hujan.

Tetapi, jika tempat yang kamu menempati berbentuk tanah biasa, lebih baik bikinlah parit bikinan sekitar 10-15 cm. di sekitar tenda kamu untuk menghindarkan tergenangnya air hujan di sekitar tenda.

Jangan membangun tenda di jalur pendakian
Saat kamu hiking dan datang di camp site, bukan tidak kemungkinan tempat penting camp site telah penuh terisi oleh tenda pendaki lain. Tetapi, hal tersebut bukan berarti kamu dapat semaunya membangun tenda di seputar jalan pendakian, guys. Sebab hal itu pasti akan benar-benar mengganggu pendaki lain yang akan melalui jalan itu.

Solusinya, carilah lahan lain disamping camp site yang benar-benar bukan merupakan area jalan pendakian. Oleh karena itu penting buat kamu untuk memperhitungkan perkiraan waktu pendakian supaya kamu dapat tiba di camp site dengan on time.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *