Berbahayakah Jika Fesesmu Berwarna Hitam?

Berbahayakah Jika Fesesmu Berwarna Hitam?

Berita Terbaru Buang air besar berperan untuk mengeluarkan zat tersisa yang tidak dibutuhkan oleh badan berbentuk feses. Warna feses dapat jadi panduan bila kamu terserang satu penyakit. Feses yang normal berwarna kecokelatan serta konsistensinya padat, tidak cair. Warna feses dapat beralih sebab pengaruh makanan.

Walaupun demikian, kamu harus waspada bila saat buang air besar, feses berwarna hitam pekat seperti aspal (melena). Melena memberikan indikasi terdapatnya perdarahan di aliran pencernaan sisi atas sebab beberapa penyakit. Dikutip Healthline, berikut beberapa penyakit dan keadaan yang bisa membuat fesesmu berwarna hitam.

Berbahayakah Jika Fesesmu Berwarna Hitam?

Berlangsung luka pada lambung
Penyakit karena terdapatnya luka pada lambung disebutkan tukak lambung. Gejalanya seperti sama dengan penyakit mag, yakni ngilu pada ulu hati, mual, serta terkadang disertai muntah. Penyebab tukak lambung yang seringkali yakni infeksi bakteri yang namanya Helicobacter pylori.

Disamping itu, makanan pedas serta asam, merokok, depresi, mengonsumsi obat pereda ngilu dalam periode waktu yang panjang dapat juga meningkatkan efek terserang tukak lambung. Darah dari cedera di lambung itu yang membuat feses menjadi hitam.

Luka pada usus dua belas jari
Usus dua belas jari dalam bahasa medis disebutkan dengan duodenum. Tidak hanya lambung, usus dua belas jari dapat juga terinfeksi oleh bakteri Helicobacter pylori. Infeksi bakteri ini dapat juga membuat usus dua belas jari terluka.

Terdapatnya luka pada usus dua belas jari disebutkan dengan ulkus duodenum. Keadaan ini dapat jadi lebih kronis dengan mengonsumsi obat antinyeri dalam periode waktu lama, depresi, dan seringkali konsumsi makanan pedas dan asam.

Berlangsung sobekan pada dinding kerongkongan
Berlangsungnya sobekan pada dinding kerongkongan disebutkan sindrom Mallory-Weiss. Sindrom ini dikarenakan oleh keadaan yang membuat berlangsungnya tekanan pada kerongkongan, contohnya muntah hebat akibat mengonsumsi alkohol atau penyakit lambung.

Terjadi kerusakan pada hati
Kerusakan pada hati bisa membuat terbentuknya jaringan parut pada hati. Keadaan ini disebutkan dengan sirosis. Penyakit ini bisa membuat naiknya desakan pembuluh darah vena di kerongkongan sebab saluran darah ke hati terhalang. Hal tersebut membuat pembuluh darah vena di kerongkongan melebar serta berlangsung varises.

Pembuluh darah yang melebar rawan pecah. Bila varises di kerongkongan itu pecah, akan berlangsung perdarahan yang terikut lewat aliran cerna. Darah akan bersatu zat lain hingga keluar berwarna hitam dalam feses.

Terjadi peradangan di kerongkongan
Peradangan pada kerongkongan disebutkan esophagitis. Keadaan ini seringkali terjadi pada pasien GERD yakni terjadinya refluks asam lambung. Asam lambung naik ke kerongkongan hingga mengiritasi kerongkongan.

Keadaan ini bisa membuat kerongkongan jadi berdarah. Darah dari kerongkongan akan terikut turun serta keluar bersama dengan feses. Disamping itu, kanker kerongkongan dapat membuat perdarahan.

Itu lima penyakit yang bisa membuat warna feses menjadi hitam. Bila kamu merasakannya, selekasnya periksa ke dokter, ya. Seharusnya, kamu tetap cek apa warna fesesmu karena dapat memberikan indikasi kondisi kesehatanmu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *