Planet-Planet Yang Diklaim Layak Untuk Dihuni, Benarkah ?

Planet-Planet Yang Diklaim Layak Untuk Dihuni, Benarkah ?

Berita Terbaru Penemuan-penemuan eksoplanet (planet di luar Tata Surya) yang dilakukan oleh beberapa periset di bagian astronomi membuat diantara kita bertanya-tanya “Adakah kehidupan tidak hanya di Bumi ini?”. Di awal tahun 2020 ini NASA mengkonfirmasikan jika telah ada lebih dari 4.000 exoplanet yang ditemukan.

Kesempatan ini, kita akan melihat-lihat beberapa exoplanet yang disangka bisa mendukung kehidupan seperti di Bumi. Sebagian dari mereka terdapat pada jarak yang relatif dekat dengan Bumi, loh.

Untuk pengingat saja, jika daftar planet yang akan kita ulas kesempatan ini ialah planet-planet yang mengorbit satu bintang pada jarak yang pas. Beberapa astronomer mengatakan “habitable/goldilocks zona” atau zone wajar huni untuk memvisualisasikan satu zone orbit dimana satu planet dapat menjaga airnya berbentuk cair.

Tak perlu begitu lama , langsung saja ke bahasan tentang 5 planet yang sangat mungkin untuk memberi dukungan kehidupan. Let’s go to the daftar!

Planet-Planet Yang Diklaim Layak Untuk Dihuni, Benarkah ?

Planet Kepler-186f
Pada daftar pertama ada Kepler-186f , diketemukan pada 17 April 2014 lantas oleh NASA’s Kepler Mission punya tubuh antariksa nasional Amerika Serikat, NASA. Ini ialah planet seukuran Bumi yang pertama diketemukan yang mengorbit di zona layak huni.

Jarak planet ini sejauh 500 tahun sinar serta mengorbit bintang katai merah namanya Kepler-186 ( KIC8120608) di konstelasi Cygnus. Mempunyai ukuran 10-40 % lebih besar dari Bumi, planet ini mengorbit bintangnya tiap 130 hari.

Terdapat beberapa planet di sistem Kepler-186, diantaranya ialah Kepler-186b, Kepler-186c, Kepler-186d, Kepler-186e serta Kepler-186f. Dari semua kelima planet itu, cuma Kepler-186f saja yang ada pada zone laik huni.

Riset waktu itu mengutarakan jika planet ini ialah planet bebatuan seperti Bumi kita serta mengorbit pada jaraknya yang pas untuk air dalam bentuk cair. Walau, belum didapati dengan tentu sampai sekarang berapakah besar massanya serta komposisi atmosfernya.

Planet Gliese 667Cc
Gliese 667Cc adalah satu diantara tiga planet yang ada pada zone laik huni di sistem bintang Gliese 667C yang memiliki jarak 22 tahun cahaya dari Bumi di rasi bintang Scorpius. Akhiran “c” pada penamaan Gliese 667Cc memperlihatkan posisi planet pada sistem itu.

Bintang induknya ini kembali lagi adalah bintang sejenis katai merah yang mempunyai seputar 31 % massa Matahari, yang mempunyai 1.4% kecerahan Matahari. Walau demikian, Gliese 667Cc ini menerima energi sekitar energi yang diterima Bumi dari Matahari.

Diketemukan pada 21 November 2011 dengan cara yang namanya radial velocity. Cara ini memanfaatkan perkembangan spektrum sinar bintang yang diterima oleh instrumen namanya spektograf di dalam satu teleskop. Kalian bisa lihat video simulasi radial velocity method yang dibikin oleh ESO (European Space Agency)

Planet yang satu ini mempunyai massa sampai 4-5 kali massa Bumi, radius sebesar 1.8 kali radius Bumi serta ada pada jarak 18.5 juta km. dari bintang induknya. Membuatnya memiliki periode orbit 28 hari.

Ada yang membuat unik dari planet-planet di sistem bintang Gliese-667C ini. Nyatanya, planet-planet di skema ini diketahui mengalami penguncian gravitasi atau tidally locked. Yaitu, suatu kondisi di mana satu bagian satu planet akan tetap menghadap ke bintang induknya.

Planet Kepler-442b
Saat ini kita bergerak lebih jauh kembali, di sini ada Kepler-442b. Planet ini diketemukan pada 6 Januari 2015 memakai cara transit oleh teleskop ruangan angkasa Kepler punya NASA. Ini adalah planet ke-2 terjauh pada daftar kita kesempatan ini.

Memiliki jarak seputar 1.100 tahun sinar dari Bumi di konstelasi Lyra, planet ini mengelilingi bintang katai kuning namanya Kepler-442 yang mempunyai massa 0.61 massa Matahari serta mempunyai ukuran sebesar 0.60 kali ukuran Matahari.

Dipanggil jadi “Super Earth” karena mempunyai massa 2.36 kali semakin besar dibanding massa Bumi serta memiliki ukuran 1.3 kali lebih besar. Dibanding ke-2 planet yang awalnya kita ulas yang memiliki jarak relatif benar-benar dekat dengan bintangnya, Kepler-442b ini berjarak terbilang cukup jauh yakni sekitar 59.8 juta kilometer.

Jarak itu hampir sesuai dengan jarak Merkurius-Matahari yang mempunyai jarak rata-rata 57.9 juta km.. Pada jarak yang cukup jauh dari bintangnya membuat planet yang satu ini memerlukan waktu 112.3 hari untuk menyelesaikan orbitnya.

Bagaimana dengan suhunya? Dapatkah memberi dukungan kehidupan?

Well, walau ada pada zona laik huni planet yang satu ini nyatanya mempunyai suhu yang terbilang sangat dingin. Suhunya sampai -40 derajat celcius, tentunya tidak ada manusia yang dapat bertahan hidup pada suhu ekstrim seperti itu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *