Rahasia Menarik Tentang Matahari

Rahasia Menarik Tentang Matahari

Berita Terbaru Matahari bukan suatu hal yang asing bikin kita. Hampir tiap hari kita lihat bola kuning itu, dari pagi sampai sore dan cuma sembunyi sebentar pada saat hujan. Tetapi hanya karena kamu memandangnya tiap hari, belum pasti kamu mengenalnya secara baik.

Sadar atau mungkin tidak, kita cuma tahu sedikit info mengenai matahari. Seperti bukti jika matahari ialah satu bintang, serta Bumi berputar-putar mengitarinya. Tetapi seperti yang dikutip dari universetoday.com, sebetulnya terdapat beberapa rahasia mengenai matahari yang tidak kita tahu. Rahasia apa itu?

Rahasia Menarik Tentang Matahari

Tata surya tidak dapat bertahan tanpa matahari
Matahari ialah segala hal buat Bumi. Tanpa ada matahari, semua akan gelap. Kehidupan akan berjalan demikian tidak sama. Bahkan memungkinkan kita akan mati. Tetapi, matahari tidak cuma penting buat Bumi dan juga semua tata surya. Ini sebab matahari memberi 99,8 % massa buat tata surya kita. Tersisa 0,2 % lain berasal dari planet Jupiter.

Satu matahari dapat menampung lebih dari sejuta Bumi
Dibanding dengan semua planet yang berada di tata surya, matahari jelas semakin besar. Matahari kita mempunyai jari-jari sebesar 695.508 km atau sekitar 109,2 kali bumi. Dengan jari-jari selama itu, dapat dipikirkan begitu besarnya bintang kuning satu ini. Saking besarnya, diperlukan 11.900 Bumi cuma untuk menutupi permukaan matahari.

Kalau matahari ialah bola kosong, maka kita membutuhkan 1,3 juta planet seukuran Bumi cuma untuk bikin bola kosong itu menjadi penuh.

Sama dengan Bumi, matahari berputar-putar mengelilingi galaksi Bimasakti
Semua benda langit di alam semesta ini berputar-putar. Seperti yang kita tahu, Bumi berputar melingkari matahari. Walau keliatannya diam, tetapi matahari bergerak cepat melingkari galaksi Bimasakti. Sebatas info, matahari memiliki jarak 24.000-26.000 tahun sinar dari pusat galaksi Bimasakti.

Serta tiap detiknya, matahari bergerak dengan kecepatan 220 km. Meskipun buat manusia, matahari cepat sekali tetapi ukuran galaksi Bimasakti juga besar hingga untuk mengakhiri satu putaran orbit galaksi, matahari kita memerlukan waktu sekitar 225 sampai 250 juta tahun.

Matahari sekarang berumur setengah baya
Sama juga dengan manusia, matahari makin bertambah tua. Sekarang umur matahari ialah 4,6 miliar tahun. Umur itu dapat disebut cukup tua, ditambah lagi matahari juga menghabiskan setengah dari hidrogen yang dipunyainya. Untungnya, matahari tidak mati di beberapa tahun ini. Menurut beberapa pakar, matahari masih mempunyai 5 miliar tahun untuk hidup sebelum pada akhirnya melemah dan mati.

Suatu hari, matahari akan menelan Bumi
Waktu matahari akan mati, mereka malah bertambah kuat. Matahari akan berubah bentuk dari bintang kuning menjadi katai merah. Ukurannya akan semakin besar serta menelan planet yang berada di tata surya. Planet seperti Jupiter yang jaraknya jauh kemungkinan selamat tetapi hal tersebut tidak berlaku buat Bumi kita.

Seperti nasib Merkurius serta Venus yang ditelan mentah-mentah, Bumi kemungkinan akan alami nasib sama.

Seterusnya mengecil jadi seukuran Bumi
Sesudah matahari sukses menelan planet kita, 1 miliar tahun selanjutnya ukuran matahari akan mulai mengecil. Matahari akan kembali berubah bentuk menjadi bintang katai putih. Khasnya, katai putih ini tidak sebesar matahari tetapi sebesar planet Bumi kita atau serta lebih kecil . Walau ukurannya kecil, katai putih tidak langsung mati tetapi hidup untuk miliaran tahun sebelum pada akhirnya benar-benar mati.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *