Khasiat Dari Tidur Siang Yang Tanpa Kamu Sadari

Khasiat Dari Tidur Siang Yang Tanpa Kamu Sadari

Berita Terbaru Pada zaman yang serba sibuk ini, mungkin sudah jarang kita lihat seseorang meluangkan waktunya untuk tidur siang. Bahkan, tidur siang sendiri juga punya stigma negatif, yakni dianggap hanya untuk orang-orang pemalas.

Namun tidak selamanya hal itu negatif loh ! Untuk yang beranggapan tidur siang membuang-buang waktu, mungkin masih harus banyak menambah wawasan tentang kesehatan . Nyatanya tidur siang punya banyak menyimpan manfaat. Beberapa di antaranya adalah sebagai berikut. Simak yuk!

Khasiat Dari Tidur Siang Yang Tanpa Kamu Sadari

Istirahat siang tidak mengganggu jadwal tidur malam harimu
Tenang, tak perlu khawatir tidur siang akan mengganggu jadwal tidurmu di malam hari. Jika kamu mengantuk di siang hari, jangan ragu untuk tidur. Karena hal tersebut tak berpengaruh membuatmu terjaga semalaman, kecuali jika berlebihan tentunya.

Sistem imun akan semakin kuat
Merujuk dari sebuah studi pada tahun 2015, yang dipublikasi dalam Journal of Clinical Endocrinology & Metabolism, meluangkan waktu sekitar 2 jam untuk beristirahat di siang hari, ternyata bermanfaat meningkatkan sistem kekebalan tubuh manusia.

Hal ini disebabkan karena tidur siang dapat mengurangi kadar epinefrin dan dopamin, zat kimia yang berhubungan dengan respon metabolisme tubuh.

Menambah kemampuan memori seseorang
Dan juga menurut sebuah jurnal berjudul Neurobiology of Learning and Memory menjelaskan, bahwa tidur siang dapat secara signifikan meningkatkan memori asosiatif otak.

Dalam penelitian tersebut, dilakukan sebuah percobaan yang hasilnya adalah, peserta yang diminta menghafal sejumlah kata acak, kemudian tidur siang, terbukti mampu mengingat 5 kali lebih banyak saat bangun, dibanding dengan peserta lain yang tidak tidur siang.

Perasaan akan bahagia jika kamu tidur siang
Perihal ini jarang diketahui, nyatanya tidur siang ternyata bermanfaat memperbaiki mood seseorang. Mengapa bisa terjadi? Karena istirahat sebentar di tengah hari membuat orang kurang impulsif. Akhirnya, seseorang menjadi memiliki toleransi lebih besar terhadap hal yang membuat mereka stres dan frustasi.

Tidur siang bisa menyegarkan tubuhmu
Banyak mitos yang cukup familiar, bahwa tubuh akan terasa lelah dan lesu setelah bangun tidur di siang hari, akibatnya mungkin membuat seseorang menjadi tidak bersemangat. Padahal sebaliknya, meluangkan waktu untuk tidur siang membuat seseorang menjadi lebih waspada, dan lebih tanggap dalam merespon stimulus.

Menambah kreativitas seseorang
Meskipun istirahat dengan durasi singkat, tidur siang ternyata dapat meningkatkan aktivitas otak sebelah kanan. Di mana, belahan tersebut berkaitan mengatur kreativitas dan wawasan. Tak hanya itu, tidur siang juga mampu mendorong terjadinya komunikasi silang antara otak kanan dan kiri sehingga sisi kreatif serta analitis seseorang menjadi terasah.

Tidur siang bisa menjadikan seseorang decision-maker yang baik
Mungkin sebagian orang di dunia memiliki kemampuan yang dinamakan fleksibilitas kognitif, yang menentukan seberapa adaptif seseorang dengan konsep serta informasi baru. Melalui tidur siang singkat, kemampuan ini dapat meningkat. Hasilnya, lebih fleksibel pemikiran seseorang, maka semakin mudah ia mengambil keputusan terbaik.

Bagaimana? Banyak banget kan manfaat dari tidur siang? Namun kendati demikian, itu sepenuhnya pilihanmu apakah akan mencoba membiasakannya atau tidak, karena sebenarnya dengan istirahat di malam hari saja sudah cukup kok. Semoga informasi ini bermanfaat ya !

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *