Kiat Menciptakan Tidur Siang Yang Berkualitas

Kiat Menciptakan Tidur Siang Yang Berkualitas

Berita Terbaru Tahukah kamu kalau setiap tanggal 9 Maret diperingati sebagai hari tidur siang nasional? Tidak banyak orang yang menyadari pentingnya tidur siang. Padahal, ada banyak manfaat tidur siang, baik dari segi fisik atau psikologis, jelas laman Sleep Advisor.

Tapi adakah cara biar tidur siangmu menjadi lebih berkualitas? Berikut tip-tipsnya supaya tubuhmu segar dan bugar setelah bangun dari tidur siang, dirangkum Hostcoremedia dari berbagai sumber yaitu :

Kiat Menciptakan Tidur Siang Yang Berkualitas

Pilihlah tempat yang nyaman dan tenang
Mencari waktu untuk tidur siang memang susah-susah gampang. Apalagi, bagi kamu yang punya aktivitas rutin, seperti bersekolah atau bekerja. Suasana tidur siang yang ideal adalah di tempat yang tenang, hening dan tidak terlalu terang. Agar tidur siang lebih nyenyak, pakai masker mata dan pasang headset, lalu dengarkan lagu-lagu yang lembut.

Tidur di ruangan dengan suhu 15-19°C
Biar lebih nyenyak, pastikan suhu ruanganmu pas. Suhu ideal untuk tidur bagi orang dewasa ialah 15-19°C, ujar laman Casper. Apabila kita tidur di ruangan yang terlalu panas atau dingin, ini akan mengganggu proses sirkulasi panas tubuh dan membuat kita kurang nyaman. Ini berkaitan dengan sistem distribusi panas internal yang disebut termoregulasi.

Pastikan untuk pasang alarm sebelum melakukan tidur siang
Sebelum ingin tidur siang, sempatkan waktu untuk memasang alarm. Sebab, bangun di sela-sela tidur akan menyebabkan inersia tidur, yang akan membuat tubuh menjadi lesu, ungkap laman Mental Floss. Agar itu tidak terjadi, coba tidur siang dengan jadwal yang sudah ditentukan dengan alarm, supaya tubuh tidak kaget saat terbangun nanti.

Sesuaikan lamanya tidur dengan kebutuhanmu
Jangan lupa juga untuk perhatikan durasi tidur. Tidur siang dengan durasi 10-20 menit akan meningkatkan energi dan kewaspadaan di tengah hari. Kita pun lebih mudah bekerja kembali tanpa rasa pening atau mudah tersinggung, jelas laman Mental Floss.

Sementara, tidur siang dengan durasi 30-60 menit telah terbukti meningkatkan keterampilan dalam mengambil keputusan. Di sisi lain, tidur siang dengan durasi 90 menit bisa meningkatkan daya ingat. Pilih durasi sesuai kebutuhanmu, ya!

Tidurlah saat setelah makan siang
Hal ini menurut penelitian oleh University of California di tahun 2010, waktu terbaik untuk tidur siang adalah setelah jam makan siang. Mengapa? Tidur di sore hari, antara pukul 13.00-15.00, memungkinkan otak untuk menghapus ingatan jangka pendek yang ada di hippocampus serta memberikan ruang untuk informasi baru, terang laman Mental Floss.

Jangan tidur siang di atas pukul tiga sore
Nyatanya sangat tidak disarankan untuk tidur siang di atas pukul tiga sore. Alasannya, ini bisa mengganggu waktu tidur di malam hari, ujar laman Mental Floss. Tidak disarankan pula untuk tidur siang di atas 90 menit karena bisa meningkatkan risiko stroke hingga 25 persen dibanding orang yang tidur siang hanya 30 menit saja, tutur laman Web MD.

Mendengar musik ketika tidur siang
Apabila memiliki banyak waktu, susun playlist di aplikasi pemutar musik dan dengarkan saat tidur siang. Pilih musik yang menenangkan, seperti instrumen piano, biola atau gitar akustik. Musik ini akan membantumu untuk memejamkan mata sekaligus melepaskan diri dari kebisingan yang ada di sekitar kita, ungkap laman Headspace.

Demikianlah beberapa cara yang ampuh dan pasti bisa dilakukan untuk membuat tidur siang menjadi lebih berkualitas. Coba terapkan yuk!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *