Seputar Tentang Kelainan Pada Gigi

Seputar Tentang Kelainan Pada Gigi

Berita Terbaru Apakah kamu pernah mendengar istilah Diastema? Diastema merupakan kerenggangan yang terjadi di antara deretan gigi. Celah yang muncul bisa di bagian gigi mana saja, namun yang paling kentara terlihat, tentu pada dua gigi depan bagian atas. Bagi sebagian orang, kondisi ini bisa berakibat pada turunnya rasa percaya diri, karena saat tersenyum maka deretan gigi yang renggang akan terlihat. Diastema bisa dialami, baik oleh anak-anak maupun orang dewasa. Mengapa diastema bisa terjadi? Apakah ada pemicunya? Berikut ulasannya :

Seputar Tentang Kelainan Pada Gigi

Ukuran gigi dan rahang yang tidak seimbang
Perihal ini bisa terjadi karena ukuran gigi yang terlalu kecil, sehingga tidak sepadan dengan ukuran tulang rahang. Sehingga, saat gigi tumbuh akan terbentuk celah di antara gigi. Dilansir dari Healthline, ukuran gigi dan tulang rahang seseorang bisa dipengaruhi oleh faktor genetis. Sehingga, jika ada salah generasi keluarga sebelum dirimu yang memiliki gigi renggang, maka kamu pun berpotensi untuk mengalaminya.

Akibat dari infeksi pada gusi
Salah satu pemicu lainnya yaitu infeksi. Karena infeksi yang terjadi pada gusi akan membuat gigi menjadi renggang. Peradangan yang menyerang gusi dan jaringan pada gigi bisa menyebabkan gigimu merenggang, bahkan kamu bisa kehilangan gigimu. Beberapa tanda yang muncul saat gusimu terinfeksi seperti gigi yang goyang, serta gusi yang membengkak hingga berdarah.

Kebiasaan-kebiasaan anak mengisap ibu jari
Tidak menyangka buka? Ternyata anak-anak yang susah meninggalkan kebiasannya mengisap ibu jari, berisiko mengalami diastema. Sebagaimana hal ini disebabkan karena gerakan saat mengisap ibu jari, bisa menimbulkan celah pada dua gigi depan bagian atas. Posisi gigi pun menjadi lebih tertarik ke arah depan. Diastema juga bisa disebabkan karena penggunaan empeng serta dot, yang tak sesuai dengan anatomi mulut, gigi, dan rahang bayi.

Sering menekan gigi dengan lidah, contohnya saat makan
Mungkin kita akan heran, jika tiba-tiba saja gigimu merenggang, padahal usiamu sudah memasuki masa dewasa. Diastema pada remaja dan dewasa, biasanya disebabkan karena kebiasaan menekan gigi, terutama gigi depan bagian atas, dengan menggunakan lidah. Mungkin kebiasaan tersebut refleks kamu lakukan, terutama saat sedang mengunyah makanan. Namun, jika dilakukan terus-menerus, maka bisa membentuk celah di antara dua gigimu.

Pertumbuhan gusi yang tidak normal
Biasanya celah yang terdapat di antara dua gigi depan bagian atasnya terjadi karena daging gusi tumbuh melebihi ukuran normalnya. Pertumbuhan gusi yang berlebihan ini akan menjadi pembatas antara dua gigi tersebut, sehingga gigi pun menjadi renggang.

Namun jangan khawatir, karena diastema akan muncul kecuali kalau penyebabnya adalah infeksi pada gusi. Jika kamu ingin memperbaikinya, kamu bisa memilih untuk menggunakan kawat gigi atau veneer gigi. Semoga informasi ini bermanfaat ya guys !

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *