Dampak Banyak Minum Ketika Berolahraga

Dampak Banyak Minum Ketika Berolahraga

Berita Terbaru Pasti kamu pernah minum ketika olahraga? Tapi didalam ilmu kesehatan, nyatanya kebiasaan itu berbahaya, lho! Bahkan, kebiasaan ini bisa menyebabkan kematian. Serius?

Inilah beberapa bahaya terlalu banyak minum saat berolahraga berdasarkan pedoman yang diterbikan dalam Clinical Journal of Sport Medicine yang membahas perihal tentang bahaya minum air berlebih, yaitu :

Dampak Banyak Minum Ketika Berolahraga

Memicu overhidrasi
Apa itu overhidrasi? Merupakan keadaan saat kamu mengalami kondisi ginjal akan kesulitan melakukan tugas penyaringan mengingat air yang masuk ke dalam tubuh terlalu banyak. Kalau tubuh gak mampu mengeluarkan cairan yang berlebihan ini, dikhawatirkan tubuh akan mengalami retensi air atau ketidakseimbangan jumlah air dan sodium di dalam darah.

Lalu, kekentalan darah akan menurun sehingga berbagai elektrolit yang sangat penting bagi darah juga ikut menurun.

Dampak memicu kematian
Kalo sampai terjadi, tubuh bisa saja mengalami masalah hyponatremia dan akhirnya memicu sel-sel tubuh membengkak. Nah, kalau otak mengalami pembengkakan, dikhawatirkan akan memicu masalah kesehatan yang serius, bahkan kematian.

Minum air terlalu banyak justru berbahaya
Begitu juga kalau kamu terlalu banyak minum setelah berolahraga, kemungkinan hyponatremia ini juga akan tetap ada. Itu karena darah terlalu encer karena banyak minum air sehingga kadar natrium darah turun drastis. Gejala awal hyponatremia, yaitu mual dan keram otot atau dehidrasi yang membuat kita jadi pengin minum lebih banyak.

Jumlah air yang dianjurkan diminum air saat olahraga
Idealnya, berapa banyak air putih yang perlu kita minum? Pakar kesehatan menyebutkan bahwa dalam 1 atau 2 jam sebelum latihan, kamu bisa meminum setengah liter air. Setelah itu, kamu bisa minum 0,3 liter air saat akan mulai latihan. Saat melakukan latihan fisik, kamu perlu minum 0,2 liter minuman setiap 15 menit.

Minuman elektrolit bisa mengganti cairan tubuh
Apabila seandainya kamu merasa haus banget karena cuaca yang cukup panas, asupan air juga bisa ditingkatkan. Untuk itu, sebaiknya kita gak mengonsumsinya secara berlebihan. Ada cara lain juga nih untuk mencegah hyponatremia dengan mengganti cairan tubuh yang hilang dengan minuman yang mengandung elektrolit. Nah, itu dia bahaya terlalu banyak minum saat berolahraga. Semangat olahraga, ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *