Fungsi Kencur Untuk Kesehatan

Fungsi Kencur Untuk Kesehatan

Berita Terbaru Apakah kamu pernah mengkonsumsi kencur? Nyatanya , tumbuhan yang punya nama latin Kaempferia galanga, dikenal sebagai salah satu rempah yang biasa digunakan masyarakat Indonesia untuk dijadikan bumbu dalam mengolah berbagai macam masakan. Namun selain sebagai bumbu masakan, masyarakat kita sedari dulu juga sudah menggunakan kencur untuk dijadikan jamu yang bisa menjaga stamina dan kesehatan, yaitu jamu beras kencur.

Rempah akar tanaman putih ini memang dikenal memiliki kandungan zat-zat yang bermanfaat untuk kesehatan kita, meskipun memiliki rasa yang pahit, pedas dan baunya yang menyengat namun tak membuat kencur kehilangan pamor sebagai salah satu rempah yang paling bermanfaat dan banyak digunakan untuk pengobatan herbal.Berikut inilah manfaat kencur :

Fungsi Kencur Untuk Kesehatan

Bisa menghilangkan stress
Akar/rimpang dan daun kencur diketahui mempunyai kandungan zat anti depresan yang bisa memberikan efek sedatif atau menenangkan pada sistem saraf pusat. Aromaterapi biasanya menggunakan aroma kencur sebagai bahan campurannya, aroma dari kencur tersebut dipercaya bisa memberikan ketenangan, mengurangi stress, gejala depresi dan gelisah.

Menangani masalah pencernaan
Selain untuk relaksasi, kencur juga diketahui bisa mengatasi sakit pada sistem pencernaan, diantaranya maag, tukak lambung, diare hingga GERD (Gastroesophageal Reflux Disease).

Kencur memiliki kandungan zat sitotoksik dan antibakteri dalam jumlah yang lumayan banyak, beberapa penelitian berhasil membuktikan bahwa kencur bermanfaat sebagai obat alami berbagai masalah pencernaan. Kencur juga mengandung zat anti radang yang bisa mencegah erosi atau luka pada lambung, yang terjadi akibat peradangan hasil infeksi.

Mengobati masalah pencernaan dengan kencur bisa dilakukan dengan mudah, cukup mengunyah langsung kencur setelah itu dilanjutkan dengan meminum air hangat.

Menambah kualitas sperma
Perihal ini diperuntukan untuk para laki-laki. Menurut studi yang dipublikasikan tahun 2014 di Iranian Journal of Reproductive Medicine, akar kencur diketahui dapat meningkatkan mobilitas dan jumlah sperma.Dan dari studi yang sama mengkonsumsi ekstrak akar kencur dan ekstrak delima secara rutin dipercaya bisa membuat jumlah sperma yang lincah meningkat secara signifikan dan berpengaruh pada kesehatan sperma secara keseluruhan.

Bisa menjaga kesehatan kulit
Kandungan antiinflamasi dan antibakteri yang terdapat pada kencur diketahui bisa mengobati masalah pada kulit kita, seperti luka dan jerawat ataupun menghilangkan bekas jerawat. Selain untuk mengatasi masalah pada kulit, kencur juga bisa digunakan untuk menjaga kesehatan kulit kita, kencur memiliki kandungan antioksidan yang bagus sehingga dapat mencegah radikal bebas merusak kulit, dengan begitu kulit kita akan terjaga kelembaban dan kekencangannya.

Sebagai obat batuk
Sudah sejak lama kencur sering digunakan oleh para ibu untuk mengobati batuk anak-anak mereka. Campuran kencur, madu dan sedikit garam dipercaya bisa meredakan penyakit yang mengganggu tersebut. Kencur diketahui mengandung senyawa flavonoid, saponin, polifenol dan minyak atsiri yang dipercaya memiliki kemampuan sebagai antibakteri. Selain meredakan batuk, ramuan kencur juga dipercaya bisa melegakan tenggorokan dan menghangatkan badan.

Demikianlah macam-macam manfaat kencur bagi kesehatan, selain mudah didapat, cara mengolahnya menjadi obat alami pun relatif mudah. Semoga artikel ini menambah wawasanmu iya !

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *